Minggu, 02 Januari 2022
RPP TEORI GRAFITASI LENGKAP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (DARING)
Sekolah : SMA N 1 Kabila
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII IPS 5/1
Materi Pokok : Interaksi Desa Kota
Sub Materi : Teori Gravitasi.
Alokasi Waktu : 2x 30 menit ( 1 x Pertemuan )
Kompetensi Dasar Tujuan Pembelajaran
3.2. Menganalisis struktur keruangan desa dan kota, serta kaitannya dengan usaha pemerataan pembangunan Melalui model pembelajaran Discovery Learning Peserta Didik diharapkan :
1. Mengetahui model gravitasi dan memahami Rumus kekuatan interaksi
Materi Pembelajaran Media / Sumber
Teori Gravitasi • Buku Geografi Guru, Buku Geografi Siswa,
Kurikulum 2013
• Akses Internet, Hp android, dan Laptop
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Memberi salam, berdo’a, Absensi dan edukasi untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemik Covid-19 melalui WA grup / Google meet
Melakukan Apersepsi melalui WA grup / Google meet
Menyampaikan Tujuan dan garis besar cakupan materi kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan dan memberikan materi tentang teori gravitasi dengan menggunakan video pembelajaran atau power point dengan cara share screen pada aplikasi Google Meet dan juga mengirimkan handout/ materi ajar di aplikasi Grup WA.
Peserta didik diminta untuk menyaksikan Power Point yang telah dishare di WA Grup atau Google Meet dan menyimak, mendengarkan, dan memahami materi dengan baik. (Collaboration)
Peserta didik diarahkan untuk mencatat dan merangkum berbagai informasi atau point-point penting yang diperoleh dari Power Point yang dibagikan sesuai pembelajaran yang diberikan oleh guru secara daring melalui aplikasi Google Meet/ Wa Grup. (Critical Thinking)
Peserta didik dapat mengamati, mendiskusikan menanya, mengumpulkan informasi, dan menganalisis LKPD , terkait teori gravitasi sesuai pembelajaran yang diberikan oleh guru secara daring melalui aplikasi Google Meet. (Critical Thinking)
Guru bersama siswa mempresentasikan hasil LKPD yang telah dikerjakan menggunakan aplikasi Google Meet/ WA Grup. (Communication)
Guru bersama siswa membuat kesimpulan terkait materi yang dipelajari melalui Google Meet. (Creativity)
Kegiatan Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran dan melakukan refleksi.
Peserta didik diberikan tugas rumah oleh guru dan diperiksa pada pertemuan selanjutnya.
Guru mengarahkan peserta didik untuk berdo’a dan salam melalui aplikasi Google Meet/ WA Grup.
Penilaian Pembelajaran
Penilaian Sikap : Kehadiran, Disiplin
Penilaian Pengetahuan : Soal Latihan
Penilaian Keterampilan : Percaya Diri
Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke- ……. Bulan …………….. 20….
No Nama Perubahan Tingkah Laku
Kehadiran Disiplin
SM MB MT BT SM MB MT BT
4 3 2 1 4 3 2 1
1
2
3
4
Dst
Keterangan :
SM = Sudah Membudaya;
MB = Mulai Membudaya;
MT = MulaiTerlihat;
BT = Belum Terlihat
Lembar Penilaian Pengetahuan (LKPD)
Skor maksimal : 100
Penilaian = (Jumlah Skor yang diperoleh )/(Skor Maksimal) x 100
Predikat Klasifikasi
(skala 0-100) Predikat Kualifikasi
81 – 100 A SB (Sangat Baik)
66 - 80 B B (Baik)
51 – 65 C C (Cukup)
0-50 D K (Kurang)
Penilaian Keterampilan
Format Penilaian Mengemukakan Jawaban
No Nama Kemampuan Mengemukakan Jawaban Kemampuan Mengeluarkan Pendapat
1. SB B C PB SB B C PB
2. 4 3 2 1 4 3 2 1
3.
dst
Konversi Nilai Akhir Predikat (Pengetahuan & Keterampilan) Sikap
Skala 100 Skala 4
86-100 4.00 A SB
81- 85 3.66 A-
76- 80 3.33 B+ B
71- 75 3.00 B
66- 70 2.66 B-
61- 65 2.33 C+ C
56- 60 2.00 C
51- 55 1.66 C-
46- 50 1.33 D+ K
45 1.00 D
Gorontalo, 9 November 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA N 1 Kabila Guru Mata Pelajaran
Dr. Elyse Anwar, M.Pd Amirullah Alwi
NIP. 196709211994032001 NIM:451415018
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
MODUL QGIS LENGKAP
PENGENALAN QGIS Quantum GIS yang disingkat QGIS adalah open source/freeware yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan data GIS dan mahaln...
-
TUGAS KARTOGRAFI NAMA : I MADE REKI ARTAWAN ...
-
MAKALAH PERKEMBANGAN ANTROPOLOGI DI INDONESIA OLEH I MADE REKI ARTAWA...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar