Minggu, 02 Januari 2022

RPP TEORI GRAFITASI LENGKAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (DARING) Sekolah : SMA N 1 Kabila Mata Pelajaran : Geografi Kelas/Semester : XII IPS 5/1 Materi Pokok : Interaksi Desa Kota Sub Materi : Teori Gravitasi. Alokasi Waktu : 2x 30 menit ( 1 x Pertemuan ) Kompetensi Dasar Tujuan Pembelajaran 3.2. Menganalisis struktur keruangan desa dan kota, serta kaitannya dengan usaha pemerataan pembangunan Melalui model pembelajaran Discovery Learning Peserta Didik diharapkan : 1. Mengetahui model gravitasi dan memahami Rumus kekuatan interaksi Materi Pembelajaran Media / Sumber Teori Gravitasi • Buku Geografi Guru, Buku Geografi Siswa, Kurikulum 2013 • Akses Internet, Hp android, dan Laptop KEGIATAN PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan Memberi salam, berdo’a, Absensi dan edukasi untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemik Covid-19 melalui WA grup / Google meet Melakukan Apersepsi melalui WA grup / Google meet Menyampaikan Tujuan dan garis besar cakupan materi kegiatan Pembelajaran Kegiatan Inti Guru menjelaskan dan memberikan materi tentang teori gravitasi dengan menggunakan video pembelajaran atau power point dengan cara share screen pada aplikasi Google Meet dan juga mengirimkan handout/ materi ajar di aplikasi Grup WA. Peserta didik diminta untuk menyaksikan Power Point yang telah dishare di WA Grup atau Google Meet dan menyimak, mendengarkan, dan memahami materi dengan baik. (Collaboration) Peserta didik diarahkan untuk mencatat dan merangkum berbagai informasi atau point-point penting yang diperoleh dari Power Point yang dibagikan sesuai pembelajaran yang diberikan oleh guru secara daring melalui aplikasi Google Meet/ Wa Grup. (Critical Thinking) Peserta didik dapat mengamati, mendiskusikan menanya, mengumpulkan informasi, dan menganalisis LKPD , terkait teori gravitasi sesuai pembelajaran yang diberikan oleh guru secara daring melalui aplikasi Google Meet. (Critical Thinking) Guru bersama siswa mempresentasikan hasil LKPD yang telah dikerjakan menggunakan aplikasi Google Meet/ WA Grup. (Communication) Guru bersama siswa membuat kesimpulan terkait materi yang dipelajari melalui Google Meet. (Creativity) Kegiatan Penutup Guru menyimpulkan materi pembelajaran dan melakukan refleksi. Peserta didik diberikan tugas rumah oleh guru dan diperiksa pada pertemuan selanjutnya. Guru mengarahkan peserta didik untuk berdo’a dan salam melalui aplikasi Google Meet/ WA Grup. Penilaian Pembelajaran Penilaian Sikap : Kehadiran, Disiplin Penilaian Pengetahuan : Soal Latihan Penilaian Keterampilan : Percaya Diri Lembar Penilaian Sikap Minggu ke- ……. Bulan …………….. 20…. No Nama Perubahan Tingkah Laku Kehadiran Disiplin SM MB MT BT SM MB MT BT 4 3 2 1 4 3 2 1 1 2 3 4 Dst Keterangan : SM = Sudah Membudaya; MB = Mulai Membudaya; MT = MulaiTerlihat; BT = Belum Terlihat Lembar Penilaian Pengetahuan (LKPD) Skor maksimal : 100 Penilaian = (Jumlah Skor yang diperoleh )/(Skor Maksimal) x 100 Predikat Klasifikasi (skala 0-100) Predikat Kualifikasi 81 – 100 A SB (Sangat Baik) 66 - 80 B B (Baik) 51 – 65 C C (Cukup) 0-50 D K (Kurang) Penilaian Keterampilan Format Penilaian Mengemukakan Jawaban No Nama Kemampuan Mengemukakan Jawaban Kemampuan Mengeluarkan Pendapat 1. SB B C PB SB B C PB 2. 4 3 2 1 4 3 2 1 3. dst Konversi Nilai Akhir Predikat (Pengetahuan & Keterampilan) Sikap Skala 100 Skala 4 86-100 4.00 A SB 81- 85 3.66 A- 76- 80 3.33 B+ B 71- 75 3.00 B 66- 70 2.66 B- 61- 65 2.33 C+ C 56- 60 2.00 C 51- 55 1.66 C- 46- 50 1.33 D+ K 45 1.00 D Gorontalo, 9 November 2020 Mengetahui, Kepala Sekolah SMA N 1 Kabila Guru Mata Pelajaran Dr. Elyse Anwar, M.Pd Amirullah Alwi NIP. 196709211994032001 NIM:451415018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL QGIS LENGKAP

    PENGENALAN QGIS Quantum GIS yang disingkat QGIS adalah open source/freeware yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan data GIS dan mahaln...